Senin, 22 Juni 2009

Maraknya Pondok Gadungan

Sebelum kita beranjak ke cerita "Wali Santri Salah Tempat" qt harus tau terlebih dahulu pengertian santri dan pondok. santri adalah seseorang yang menuntut ilmu khususnya ilmu agama dan bertempat tinggal dipondok pesantren. Sedangkan pengertian Pondok adalah tempat untuk menimbah ilmu, dan pondok itu bisa dikatakan sebagai pondok pesantren itu harus terdiri dari beberapa unsur yaitu :
  1. Kiyai (Guru besar)
  2. Ustadz (Guru)
  3. Santri/murid
  4. Tempat untuk mengaji
  5. Sarana peribadatan (Masjid/mushola)
  6. Tempat tinggal santri (asrama)
karena sekarang banyak sekali seseorang yang mudah menamakan tempat peribadatan pribadi dinamakan dengan "pondok pesantren" dengan dipasangkannya sebuah papan nama nama (name board) padahal cuman ditempati beberapa jama'ah sholat aja (alias 2 glintir orang), hanya karena ingin mendapatkan tunjangan dan bantuan fasilitas gedung dan lain lain. Sampai - sampai ada salah satu Kecamatan yang mendapatkan acungan jempol dari Kantor DEPAG karena pada satu Kecamatan terdiri dari puluhan Pondok Pesantren, tapi setelah dislidiki oleh Tim Surve dari DEPAG yang layak dikatakan sebagai pondok pesantren hanyalah seglintir ja (bisa diithung karo jari tengan aja).
Tapi inget jangan sampai kamu semua terkecoh dengan papan nama "Pondok" karena sekarang banyak papan yang bertuliskan pondok tetapi bukan tempat untuk mengaji melainkan tempat penginapan aja.

0 komentar:

Posting Komentar